Welcome - GarelliaPahlevi.Blogspot.COM


 





☛ JARINGAN KOMPUTER

Pengenalan Jaringan Komputer

Menurut Forouzan jaringan komputer adalah hubungan dari sejumlah perangkat yang dapat saling berkomunikasi satu sama lain. Dengan adanya jaringan komputer, perpindahan data, komunikasi dan berbagi sumber daya menjadi lebih mudah digunakan.

Berikut manfaat jaringan komputer

  • Menghemat perangkat bantu seperti Printer, Scanner, dan fasilitas internet bisa digunakan bersama-sama.
  • Memudahkan pertukaran data antara komputer dengan memanfaatkan fasilitas sharing folder ataupun sharing drive
  • Memudahkan komunikasi antar pengguna dengan memanfaatkan fasilitas LAN messenger
  • Memudahkankan penyimpanan dan pengambilan data

Berdasarkan cakupan lokasi geografis, jaringan komputer dapat diklasifikasikan menjadi empat kelompok.

  • LAN ( Local Area Network ) : Merupakan jaringan komputer terkecil, memiliki skala jangkauan mencakup 1 KM hingga 10 KM, dalam bentuk koneksi wired (kabel), wireless (nirkabel), maupun kombinasi keduanya. Jaringan LAN umum juga disebut sebagai intranet. LAN berbeda dengan internet. Sesuai namanya, jaringan ini bersifat privat, yaitu diperuntukkan bagi pengguna di dalam internal organisasi/perusahaan/instansi/ruangan bersangkutan saja.
  • MAN ( Metropolitan Area Network ) : Memiliki cakupan area lebih luas dari LAN ( 10 KM hingga 50 KM ), dapat mencakup sebuah wilayah kota, yang didalamnya terdapat banyak gedung dan pemukiman. Ini berarti dalam sebuah MAN telah terintegrasi banyak LAN yang berasal dari berbagai gedung dan pemukiman yang ada.
  • WAN ( Wide Area Network ) : merupakan jaringan yang lebih luas dari MAN, dengan cakupan area seluas sebuah negara atau benua. WAN terdiri atas dua atau lebih MAN didalamnya. Setiap MAN tersebut terdiri atas dua atau lebih LAN didalamnya. Sehingga dapat dikatakan bahwa WAN merupakan gabungan dari sejumlah jaringan komputer yang berada dalam satu kawasan seluas sebuah negara ataupun benua.
    Bentuk komunikasi antar komputer didalam WAN memerlukan adanya perangkat penghubung, salah satunya berupa Router. Fungsi Router adalah membantu di dalam merutekan jalur yang akan ditempuh oleh paket data di dalam proses transmisi paket data dan komunikasi antar komputer di dalam WAN tersebut.
  • Internet : Internet atau interconnection Network merupakan jaringan komputer yang terluas, dengan cakupan seluruh planet bumi ini. Intenet menghubungkan semua WAN, MAN, dan LAN didalamnya.


Go Garage




  Coret Coretanku  
  None
  None
  None
  None
  None
  None
  None
  None
  None